Senin, 26 Desember 2011

Sandalmate

0 komentar

26 Desember 2011
Ini liburan natal, namun saya memilih untuk tidak pulang ke Magelang karena ada agenda AAI kemarin. Diam di kost saat hari libur sama sekali tidak menyenangkan dan membuat mood saya buruk.
Saya berjalan menuju ATM sebuah bank swasta yang ada di MM UGM. Dengan penampilan seadanya dan sama sekali tidak matching from head to toe L. Training hitam, baju batik hijau, kerudung biru dan sepasang sandal berbentuk hati warna merah muda.
Sandal ini bersejarah. Ini adalah sandal yang saya pesan bersama teman-teman sebelum liburan ke Bali tahun 2010. Saya, Ririn (Hans Fithria Fajrin|Pendidikan Kimia 2011-UNS), Rezi (Rezi Exacti Nuar|Akper Kesdam Magelang 2011) dan Titik (Titik Nur Istiqomah|PGSD 2011-UNY) memesan sandal berbentuk hati. Masing-masing kami memiliki warna sendiri dan kompakan memakainya selama liburan.
Setelah sampai di MM UGM, gerbang sebelah timur si depan ATM dirantai dan digembok. Mungkin karena memang sedang libur cuti bersama. Oke, karena saya memang butuh ambil uang dan tidak punya pekerjaan di kost, saya memutuskan mengambil uang di ATM Center RSU. Dr. Sardjito. Itu artinya perjalanan 30 menit jalan kaki dari MM UGM dengan kecepatan kucing. J It’s oke. Saya suka jalan kaki, dan itu sering mengembalikan mood saya yang hilang.
Menemui banyak hal di jalan, mengamati berbagai macam orang. Saya benar-benar kurang kerjaan!
Akhirnya, daripada saya sia-sia jalan jauh, saya melanjutkan perjalanan ke kost teman saya Wimar (Dewi Maria Rahayu|Geofisika 2011-UGM), berharap dia mau menemani saya makan di tempat makan favorit saya di dekat kostnya, Kolam Ik*n. Dia tercengang melihat saya datang pagi-pagi (sebenarnya itu sudah jam 10 pagi). Tampaknya dia sudah mencium gelagat saya, datang ke kostnya hanya alibi untuk minta ditemani makan. Haha… Akhirnya dia dan teman sekamarnya, Yiko (Yiko Chi Damara|Farmasi 2011-UGM) menemani saya makan bandeng bakar.
Selesai makan, Yiko meminta saya dan Wimar menemaninya membeli kado untuk adiknya. Oke, diajak belanja tentu saja saya bahagia J.
Kami berangkat ke Mirot* Kamp*s jalan kaki (lagi). Wimar menasehati saya, untuk ganti sandal. Hm… saya merasa nyaman kok, dan saya rasa tidak perlu ganti sandal.
Saat itu hampir jam 12 siang, dan panasnya Jogja membuat ubun-ubun saya berdenyut. Hssssh….
Kami berjalan dengan bahagia, ngobrol ini-itu ke sana-ke mari.
Di trotoar depan kampus MIPA Selatan (Milan), tepat di tengah antara Mirot* Kamp*s dengan Kopm* UGM, saat saya melintas di antara pot tanaman palem dan mobil Yar*s merah, upppss…. SANDAL SAYA PUTUS! Huwaaaaaaa…. TIDAK! Wimar dan Yiko tertawa terbahak-bahak sampai mata mereka tinggal segaris.
Pilihan untuk membeli sandal terdekat tidak ada, karena kami tepat beradai di tengah Mirot* Kamp*s dan Kopm* UGM, sama jauhnya sama panasnya. Sangat tidak mungkin saya melepas sandal dan berjalan di trotoar yang panas dan sepertinya akan segera meleleh karena terik matahari! Oke, saya berjalan dengan menyeret sandal. Membiarkan harga diri tercecer-cecer… Hish…!
Sekitar 5 langkah dari Tempat Kejadian Perkara, tiba-tiba seperti anugerah dari langit, kami menemukan sebuah sandal hijau sebelah kanan di pot palem ! *Jika digambarkan dalam komik saya yakin backgroundnya bintang-bintang berbinar…
Yiko dan Wimar melanjutkan tawa mata segaris mereka sampai guling-guling mungkin kalau bisa! Dan mereka memaksa saya MEMAKAI sandal hijau sebelah itu! OKE!!! Mengingat harga diri yang sudah tercecer sebelumnya, akhirnya saya menguras habis harga diri untuk saya memakai sandal hijau itu berdampingan dengan sandal pink hati saya yang tinggal sebelah.
Saya berjalan dengan sok pede di depan kedua teman sipit saya, padahal dalam hati saya malu setengah mati. Jalan ke Mirot* Kamp*s sama dengan menyeberang jalan 2 kali. Saya berusaha jalan dengan bisa, seolah-olah tidak terjadi apa-apa walaupun banyak pengendara yang berhenti di lampu merah memandangi kedua sandal saya yang tidak sama dengan pandangah setengah melotot setengah terbelalak. Saya masuk ke parkiran sepeda motor di depan Mirot* Kamp*s dan tersenyum bodoh pada tukang parkir. Kemudian tersenyum sok lugu pada satpam di depan escalator dan naik menyusul kedua teman saya. Jahat sekali mereka L.
Buru-buru saya mengambil sandal merah, dan minta tolong Wimar membayar di kasir. Okeee… saya akan simpan sandal hijau ini, siapapun yang meninggalkan sandal hijau ini, saya berhutang budi pada Anda.

Kadang, Anda harus mendengar, yang benar-benar mendengar.
Karena mendengarkan, membuat Anda memahami, atau paling tidak mengerti.

Saya belajar, mempertimbangkan pendapat orang lain itu penting.
Namun, bukan berarti selalu menuruti apapun pendapat orang lain dan tidak memiliki prinsip hidup sendiri.

Terimakasih untuk sahabat-sahabat saya yang selalu ada untuk mengingatkan…

Selasa, 06 Desember 2011

Suksesi HMGF 2012

1 komentar
Suksesi HMGF (Himpunan Mahasiswa Geofisika 2012)
poster

adalah agenda tahunan HMGF untuk memilih ketua HMGF dan pengurus HMGF periode selanjutnya. Sidang biasanya dibagi menjadi beberapa kali dengan agenda sidang yang berbeda.
Sidang Suksesi 2011 dibagi menjadi 3 sidang :
  • Sidang 1 (11 Desember 2011) dengan agenda pembahasan AD/ART HMGF
  • Sidang 2 (17 Desember 2011) dengan agenda perhitungan suara Pemilu Ketua HMGF 2012 dan LPJ dari Kepengurusan HMGF 2011
  • Sidang 3 (7 Januari 2012) dengan agenda pelantikan Ketua dan Pengurus baru HMGF 2012
Panitia Sidang Suksesi 2011 ini diampu oleh Geofisika 2011 dengan ketua Pelaksana Yohanes Surya Satria dan Ketua Sidang Bambang Trio Sumbodo.






Senin, 05 Desember 2011

Sabtu, 26 November 2011

APOTEK ONLINE SEBAGAI APLIKASI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI BIDANG FARMASI

0 komentar


Diperkirakan 98.000 kematian tiap tahun akibat kesalahan yang dapat dihindari, 70% komplikasi medis dapat dicegah dengan sistem teknologi informasi medis yang dikembangkan dengan baik.
                 
                Miris melihat angka kematian yang tinggi, apalagi disebabkan oleh kesalahan yang seharusnya dapat dihindari. Angka ini cukup untuk menjadi gambaran bahwa pelayanan kesehatan di Indonesia masih sangat buruk. Berbanding terbalik denga pesatnya perkembangan teknologi yang seolah tidak terbatas. Kolaborasi kedua disiplin ilmu diharapkan menjadi solusi yang baik untuk angka kematian tinggi ini.
Internet dan Keunggulannya
                Perkembangan teknologi informasi mengalami perkembangan pesat dari masa ke masa. Perkembangan teknologi informasi dikembangkan bersama dengan berbagai disiplin ilmu dan diterapkan dalam berbagai bidang. Kemajuan teknologi informasi menjadiakan informasi dapat diakses dengan cepat dan tepat.
                Internet sebagai bagian dari perkembangan teknologi yang semakin mengglobal dan berkembang pesat dewasa ini, memberikan manfaat nyata bagi penggunanya. Antara lain :
|  Efektif
Pengiriman informasi menggunakan internet jauh lebih efektif. Karena internet lebih cepat dan efisien.
|  Borderless
Dengan teknologi komunikasi seperti internet, dunia seolah tanpa batas. Dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Internet menjadikan dunia begitu dekat dan tidak dibatasi jarak dan waktu.
|  Murah
Internet menekan biaya yang digunakan. Dengan internet, biaya perjalanan atau telepon interlokal dapat ditekan seminimal mungkin.
|  Easy to share
Internet memudahkan penggunanya untuk berbagi data secara life-time ke seluruh dunia.
                Keunggulan internet diterapkan dalam berbagai bidang. Misalnya, pendidikan, pemerintahan hingga kesehatan. Farmasi merupakan salah satu cabang ilmu yang menerapkan kemajuan teknologi informasi.

Apotek Online, Solusi Cepat Berobat
                Penggunaan obat secara tepat dan cepat merupakan kunci sukses keberhasilan pengobatan. Namun, kurangnya informasi yang akurat tentang obat, menjadikan masyarakat rancu dalam pemaikaian obat.  Apotek Online, sebuah terobosan baru di bidang farmasi. Kini, apotek-apotek online sudah tersedia, contohnya Kimia-Farma Apotek Online. Apotek online didesain dalam sebuah web yang menyajikan segala informasi tentang obat bahkan penyakit.Di apotek online, disajikan data tentang obat, kandungan kimia serta dosis yang dianjurkan. 
Hal ini sangat membantu, baik bagi apoteker maupun konsumen. Apoteker lebih ringan dalam melayani konsumen. Dengan adanya data obat di website, apoteker tidak harus menjelaskan ulang informasi yang sama pada tiap konsumen yang datang. Resiko kesalahan keterangan mengnai obat, kandungan serta dosisnya dapat diminimalisir pula.



 Konsumen juga diuntungkan. Dengan data obat, konsumen lebih memahami zat apa saja yang terkandung dalam obat. Hal ini dapat menghindari adanya reaksi alergi pada pasien. Sebagian orang memiliki alergi tertentu pada zat kimia dlaam obat. Hal ini dapat diminimalisir dngan mengetahui data dari obat yang akan dikonsumsi. Selain itu, konsumen akan lebih memahami berapa bayak dosis yang harus digunakan sesuai dengan umur dan kadar obat.
SMARTCARD
Smart-Card, salah satu fitur yang tersedia di apotekonline. Smart-card berupa riwayat kesehatan pasien. Daftar ini berisi biodata pasien, riwayat penyakit yang pernah dimiliki, alergi serta obat yang pernah atau sedang dikonsumsi.
Smart-card sangat bermanfaat untuk meminimalisir alergi obat atau komplikasi akibat reaksi obat yang memiliki kontra indikasi dengan obatlain yang sedang atau pernah dikonsumsi.
Setiap oaring memiliki system imun dan resistansi terhadap bahan kimia yang berbeda. Adanya SMART-Card membantu apoteker meminimalisir kemungkinan alergi.
Konsultasi Online

                Dalam website ini, terdapat pula fitur konsultasi online. Di mana konsumen bisa konsultasi online 24 jam dengan Customer Care dan Apoteker, serta konsultasi tentang resep obat yang akurat. Apotek online membantu banyak pasien berkebutuhan khusus, seperti ibu hamil dan lansia.
                Teknologi informasi yang dikembangkan tepat guna dapat membantu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dan menekan angka kematian.
 

Bunga Langit Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template