Sabtu, 26 November 2011

APOTEK ONLINE SEBAGAI APLIKASI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI BIDANG FARMASI



Diperkirakan 98.000 kematian tiap tahun akibat kesalahan yang dapat dihindari, 70% komplikasi medis dapat dicegah dengan sistem teknologi informasi medis yang dikembangkan dengan baik.
                 
                Miris melihat angka kematian yang tinggi, apalagi disebabkan oleh kesalahan yang seharusnya dapat dihindari. Angka ini cukup untuk menjadi gambaran bahwa pelayanan kesehatan di Indonesia masih sangat buruk. Berbanding terbalik denga pesatnya perkembangan teknologi yang seolah tidak terbatas. Kolaborasi kedua disiplin ilmu diharapkan menjadi solusi yang baik untuk angka kematian tinggi ini.
Internet dan Keunggulannya
                Perkembangan teknologi informasi mengalami perkembangan pesat dari masa ke masa. Perkembangan teknologi informasi dikembangkan bersama dengan berbagai disiplin ilmu dan diterapkan dalam berbagai bidang. Kemajuan teknologi informasi menjadiakan informasi dapat diakses dengan cepat dan tepat.
                Internet sebagai bagian dari perkembangan teknologi yang semakin mengglobal dan berkembang pesat dewasa ini, memberikan manfaat nyata bagi penggunanya. Antara lain :
|  Efektif
Pengiriman informasi menggunakan internet jauh lebih efektif. Karena internet lebih cepat dan efisien.
|  Borderless
Dengan teknologi komunikasi seperti internet, dunia seolah tanpa batas. Dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Internet menjadikan dunia begitu dekat dan tidak dibatasi jarak dan waktu.
|  Murah
Internet menekan biaya yang digunakan. Dengan internet, biaya perjalanan atau telepon interlokal dapat ditekan seminimal mungkin.
|  Easy to share
Internet memudahkan penggunanya untuk berbagi data secara life-time ke seluruh dunia.
                Keunggulan internet diterapkan dalam berbagai bidang. Misalnya, pendidikan, pemerintahan hingga kesehatan. Farmasi merupakan salah satu cabang ilmu yang menerapkan kemajuan teknologi informasi.

Apotek Online, Solusi Cepat Berobat
                Penggunaan obat secara tepat dan cepat merupakan kunci sukses keberhasilan pengobatan. Namun, kurangnya informasi yang akurat tentang obat, menjadikan masyarakat rancu dalam pemaikaian obat.  Apotek Online, sebuah terobosan baru di bidang farmasi. Kini, apotek-apotek online sudah tersedia, contohnya Kimia-Farma Apotek Online. Apotek online didesain dalam sebuah web yang menyajikan segala informasi tentang obat bahkan penyakit.Di apotek online, disajikan data tentang obat, kandungan kimia serta dosis yang dianjurkan. 
Hal ini sangat membantu, baik bagi apoteker maupun konsumen. Apoteker lebih ringan dalam melayani konsumen. Dengan adanya data obat di website, apoteker tidak harus menjelaskan ulang informasi yang sama pada tiap konsumen yang datang. Resiko kesalahan keterangan mengnai obat, kandungan serta dosisnya dapat diminimalisir pula.



 Konsumen juga diuntungkan. Dengan data obat, konsumen lebih memahami zat apa saja yang terkandung dalam obat. Hal ini dapat menghindari adanya reaksi alergi pada pasien. Sebagian orang memiliki alergi tertentu pada zat kimia dlaam obat. Hal ini dapat diminimalisir dngan mengetahui data dari obat yang akan dikonsumsi. Selain itu, konsumen akan lebih memahami berapa bayak dosis yang harus digunakan sesuai dengan umur dan kadar obat.
SMARTCARD
Smart-Card, salah satu fitur yang tersedia di apotekonline. Smart-card berupa riwayat kesehatan pasien. Daftar ini berisi biodata pasien, riwayat penyakit yang pernah dimiliki, alergi serta obat yang pernah atau sedang dikonsumsi.
Smart-card sangat bermanfaat untuk meminimalisir alergi obat atau komplikasi akibat reaksi obat yang memiliki kontra indikasi dengan obatlain yang sedang atau pernah dikonsumsi.
Setiap oaring memiliki system imun dan resistansi terhadap bahan kimia yang berbeda. Adanya SMART-Card membantu apoteker meminimalisir kemungkinan alergi.
Konsultasi Online

                Dalam website ini, terdapat pula fitur konsultasi online. Di mana konsumen bisa konsultasi online 24 jam dengan Customer Care dan Apoteker, serta konsultasi tentang resep obat yang akurat. Apotek online membantu banyak pasien berkebutuhan khusus, seperti ibu hamil dan lansia.
                Teknologi informasi yang dikembangkan tepat guna dapat membantu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dan menekan angka kematian.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Bunga Langit Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template